Uncategorized

Mengenang DasKom

Menjadi mahasiswa PTN ternama tentunya merupakan kebanggan tersendiri, apalagi berhasil masuk ke jurusan yang katanya mahasiswanya pinter-pinter dan study oriented semua. wuiiih… luar biasa… luar biasa deg-degan maksudnya.

Ternyata bener, hati kecil ga pernah salah. Langsung terbukti di semester dua, dimana tugas praktikum yang judulnya aja cuma DASAR komputer, isinya malah disuruh bikin program komputer. Iya, program… P.R.O.G.R.A.M….

alamakjang, sebagai mahasiswi tahun pertama dari daerah yang seumur-umur pengalaman nyentuh komputer cuma di lab komputer SMA, itu pun ngetiknya masih pake WS (masa itu MS word baruuu aja muncul ya), eeeh… tugasnya disuruh bikin program sehingga bisa muncul gambar bola loncat loncat.

bouncing ball
kira-kira bouncing balls gini deh jadinya

W.H.A.T…..!!!!
mau nangis ga tuh rasanya….

Lha wong pada masa itu, tipe komputer aja gue kaga ngarti. Bedanya pentium 133 ama pentium 166 aja gw awam pisan. (ya..ya.. ga usah ketawa. ini ceritanya 18 tahun lalu. kala itu komputer pentium satu 133 MHz – bukan GHz ya- sudah cukup buat dipake ampe lulus dan maen the SIMs). RAM? apa itu? Bahasa pemrograman C++?

Disitulah momen dimana gue menyadari bahwasanya gue SALAH JURUSAN…
Tapi apa mau dikata, ga bisa balik lagi toh. Keajaiban diterima kuliah belum tentu terulang lagi di UMPTN berikutnya.

Alhamdulilah nasib baik masih berpihak.
Tugasnya take home. dan gue ga salah pilih lokasi kos karena kebetulan base camp angkatan cuma sepelemparan batu aje dari kos-an, ditambah cewe-cewe manis cuma ada 11 orang aja gitu diantara 171 mahasiswa satu angkatan.

Cukup dengan ilmu pinjem disket temen yang bikin programnya rapih (iye, masih pake DISKET yang kapasitasnya cuma 1,44 Mb ituh) dan pengetahuan cara mengganti variabel circle jadi square, variabel blue jadi red, ubah-ubah variabel size, dan ganti variabel kecepatan, udah bisa lah gue ngumpulin tugas DASKOM keparat itu…

terimakasih teman-teman,
jasa kalian selalu terpatri…

lesson learnt:

  • hubungan baik dengan temen itu sangat sangat sangat penting. ngalahin rajin masuk kuliah/belajar di rumah.
  • bikin program itu ga perlu ngerti bahasa pemrograman, cukup bisa tau macam-macam warna, bentuk, dan ukuran.
  • oya, jangan lupa ganti file name nya, dan ganti segala variabel yang pake nama si creator (find: mortin, replace with: yenni).

eniwei sampe sekarang, walaupun udah belasan tahun ceritanya kerja jadi anak IT, gw pun masih belum bisa tuh bikin bola loncat-loncat itu, tapi tetep berhasil survived praktikum daskom kok. walopun sempet di setrap swasta berjam-jam di depan ruangan pas hari terakhir praktikum gara-gara ga bisa jelasin cara bikinnya >_<

 

2 thoughts on “Mengenang DasKom

Leave a comment