info

IUD or spiral

Di antara cewe cewe yang gue kenal, kayaknya gue dah yang siklus menstruasi nya paling kacao. Berkisar antara 35 hari sampe rekor 63 hari.

are you sure you’re not pregnant? please get a test pack!

 

Liat aja. Aplikasi fertility yang gue pake sampe bingung, tanda tanya semua. Bahkan karena gue set avoid pregnancy, jadilah kalender gue ditandain “might be fertile, you should not intercourse yet” setiap hari sepanjang periode siklus! LoL. Bisa dibanting suami dah hape gue.

Akhirnya kemaren gw pasang IUD lagi. untuk yang kedua kali.
Iye, bener, sekitar 2 tahun lalu gw udah pasang spiral *kenapa disebut spiral ya? pan bentuknya T*, tapi gagal total karena si T ajaib itu tiba tiba H. I. L. A. N. G.

Iya, bener. Ilang. ampe diubek-ubek, si dokter ga nemu. ampe akhirnya gue di rontgen pun, tetep ga keliatan. Akhirnya kita pasrah dengan hipotesa bahwa tuh spiral keluar barengan ama darah haid yang emang super banyak n pada kasus gue, menggumpal gumpal.

Well anyho, gue jadi penasaran.

apaan sih IUD ini?

menurut dummies.com (gue emang cucok ama yang dummies info gini), IUD = IntraUterine Device, benda berbentuk T yang ditanem di dalem rahim cewe dan katanya extremely effective untuk menghindari kehamilan, tapi ga menghindari penularan penyakit seksual ye…
si IUD ini terbuat dari plastik fleksibel dan isinya bisa hormon progestin (awet ampe 5th), atau tembaga (awet ampe 12th).

cara kerjanya?

Si IUD ini mencegah kehamilan dengan cara ngubah cara si sperma bergerak sehingga mereka ga bisa ketemuan ama sel telur. Pada beberapa wanita, si progestin juga mencegah sel telur keluar dari ovary nya.
Selain itu, hormon progestin juga mengentalkan cervical mucus (cairan kental yg dihasilkan rahim) sehingga ngehalangin sperma bergerak.

efektif?

Katanya sih 99% efektif, kalo posisinya benar.
Tapi, dari mana kita tau posisinya benar?
Nah, ini dia yang pe-er banget. lha IUD gue aja ilang within months tanpa ketauan kok? Temen gue malah hamil PADA SAAT masih pake IUD.

Kalo gue sih. ya Bismillah aja. Lha kalo pake Pil, gue pasti bablas lupa minumnya. Kalo suntik, takut lupa diulang 3 bulan kemudian, belum lagi resiko gendut. iiih… Jadi mendingan spiral ini lah. Relative maintenance free ^_^

si Dokter Obgyn yg gue temuin bilang, bahwa kemungkinan salah posisi ini gede banget, pas baru pasang. Soalnya tubuh kita ga nerima benda asing itu. mangkanya, setelah pasang, harus cek 1 minggu kemudian, trus 1 bulan kemudian, trus 3 bulan kemudian, baru tiap 1 tahun kemudian.
pas kasus gue, gue baru check-up setelah 2 bulan dari pertama pasang *kan, gue itu ga tertib disiplin diri dah*

Masangnya?

Gue kemaren pasang pas hari ke-4 menstruasi. soalnya si Dokter maunya begitu. katanya pas haid rahim (apa vagina ya? entahlah) lumayan kebuka sehingga masangnya lebih gampang, dan ga terlalu sakit.
Ih jijik dong? ya… dia bilang sih obgyn mah udah biasa….

Ngilu. masangnya ngilu. dan setelahnya berasa mules2. asli ga enak banget. gue berasa lemes. Oya. Sangking takutnya ilang lagi bareng darah haid, gue minta obat supaya pendarahan nya terkontrol.

Resiko?

Darah haid semakin banyak, mules setelah pasang, dan… Kalo kejadian tetep hamil pada saat masih pasang iud, sebaiknya si iud dilepas.
Tapi ini juga dilematis, karena melepaskan iud tadi juga beresiko keguguran.
Ugh…

Yah begitulah cerita iud. Tak lupa gue juga pasang reminder untuk ngingetin check up lagi minggu depan. Dokternya pun praktek di kantor, harusnya ga ada alesan lagi dong gue bolos check up?

Leave a comment